InvestorCorner

Hindari Penipuan Investasi Properti, Telusuri Jejak Pengembang!  Bagi kita yang berpikir jauh ke depan, tentu hal ini sangatlah krusial ketika kita bersedia menginvestasikan harta kita dalam bentuk property. Untuk itu ada beberapa poin secara garis besar yang tidak boleh dilupakan. Antara lain faktor legalitas dan reputasi dari pengembang itu sendiri.

Banyaknya kasus pengembang yang tidak bertanggung jawab, mengorbankan pembeli dengan mengabaikan perizinan dan kerjasama yang baik, hal ini menjadi perhatian para pakar hukum dan property. Berikut ini beberapa ciri pengembang yang berkompeten di bidang properti, yaitu:

– Pengembang tersebut tergabung dalam asosiasi pengembang. Dengan begitu, konsumen yang merasa dirugikan dapat memanggilnya melalui lembaga tersebut.
– Jumlah proyek. Semakin banyak jumlah proyek yang telah diselesaikan dengan sempurna, akan semakin memudahkan pembeli untuk mengecek kualitas pekerjaan sebelum memilihnya.
– Sudah lama menggeluti bisnis properti secara serius, sebagai bisnis utamanya. Terkadang dengan motivasi uang seseorang tidak focus pada satu bidang pekerjaan. Padahal jam terbang dan keseriusan merupakan kualitas pekerjaan seseorang.

Lalu, bagaimana saya mengetahui pengembang tersebut kredibel atau tidak?

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kita diperhatikan, antara lain:

Reputasi yang baik.
Hal ini dapat terlihat dari caranya mengelola proyeknya. Selain dengan melihat sendiri, kita juga dapat bertanya langsung mengenai reputasi pengembang tersebut kepada para pembeli.

Rumah contoh.
Pastikan pengembang tersebut mempunyai rumah contoh. Setidaknya dengan mempunyai rumah contoh, kita semakin mempunyai gambaran seperti apa rumah yang nantinya akan dibangun. Dan kita juga bisa mengajukan berbagai pertanyaan yang kita perlu tahu, misalnya mengenai fasilitas dan mengenai izin dari rumah hasil proyeknya.

Aspek legalitas
Aspek yang terkadang cukup rumit, namun penting menyangkut kepemilikan dan keabsahan di mata hukum. Apakah status kepemilikan apartemen yang kita inginkan, misalnya, juga harus jelas. Dalam hal memilih pengembang, pakar hukum properti Erwin Kallo mengingatkan agar calon konsumen berhati-hati memilih.
“Konsumen harus mencari info lebih banyak menyangkut pengembang tersebut, dan lokasi yang ditawarkan. Hati-hati bila merasa pengembang tersebut tidak profesional,” kata Erwin.

Fasilitas perumahan.
Ada baiknya sebagai pembeli Anda mengecek langsung fasilitas yang disediakan pengembang. Hal ini termasuk cukup penting untuk diperhatikan juga, mengingat Anda ingin property Anda dihargai tinggi jika suatu saat Anda ingin menjualnya kembali.

 

 

Categories: BISNISproperti

akadusyifa

Terima kasih sudah membaca tulisan ini semoga bermanfaat,

0 thoughts on “Hindari Penipuan Investasi Properti, Telusuri Jejak Pengembang”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

BISNIS

Kenapa Pilih Bisnis Properti?

Anda pernah membaca iklan yang kurang lebih tulisannya seperti di bawah ini… Hadirilah SEMINAR GRATIS ! “Cara Hebat dan Mudah Menjadi Kaya melalui Bisnis Properti”. Rabu, Jam: 13.30 WIB Apakah Anda tertarik? Tahukah yang membuat saya tertarik? Read more...

BISNIS

Investasi Properti Untuk Penghasilan Tambahan

Investasi properti saat ini merupakan peluang bisnis properti yang cukup menjanjikan dimana investasi tersebut cukup dibutuhkan banyak orang, seperti rumah, kendaraan, apartemen, ruko dan sebagainya. Investasi properti memungkinkan seseorang untuk dijadikan sebagai penghasilan tambahan. Kebanyakan Read more...

BISNIS

Menguntungkan Investasi di Properti

Investasi properti semakin diminati karena memiliki banyak kelebihan. Investasi properti memiliki dua keuntungan sekaligus yang tidak dimiliki oleh sarana investasi atau tabungan lainnya, yaitu capital gain sekaligus cash flow. Keuntungan atau selisih kenaikan dari nilai Read more...

Back To Top