Shopkeeper smiling by storefront with open sign
Shopkeeper smiling by storefront with open sign

Dear Business Owners,
Kali ini saya mulai dengan sebuah pertanyaan sederhana : Apakah saat ini Anda sedang menjalankan bisnis atau sedang membangun bisnis?Jika anda saat ini tersibukkan oleh rutinitas harian dalam bisnis, seperti : menangani komplain dari kastamer, melayani order pelanggan, negosiasi dengan pembeli, sibuk me-manage karyawan, mengejar target produksi, menghadapi persaingan harga, mengerjakan paperwork, dan seterusnya, maka Anda berarti sedang menjalankan bisnis.

Namun jika anda tidak hanya melakukan rutinitas pekerjaan, tapi juga memikirkan dan melakukan hal-hal yang bisa menguatkan pondasi bisnis Anda, bekerja pada wilayah-wilayah strategis dan berpikir jauh ke depan, serta rajin mengasah kepekaan inderawi dan selalu berusaha meningkatkan nilai tambah (added values) atas bisnis anda, itu artinya anda sedang membangun bisnis.business-owner-stockxpertcom_id17260461_jpg_9d244c0f32209ba041e058fccd912e101

Sebagi Business Owner, sudah selayaknya jika sebagian besar waktu Anda tidak lagi tersita untuk urusan-urusan teknis-operasional sehari-hari. Saatnya Anda untuk menempatkan diri pada porsi Anda yang seharusnya. Sudah waktunya bagi Anda meluangkan lebih banyak waktu untuk menguatkan pondasi bisnis Anda dan lebih banyak bekerja di wilayah strategis.Kegiatan taktikal-operasional sudah seharusnya bisa di delegasikan. Dengan begitu Anda punya waktu lebih banyak untuk membangun bisnis, untuk melihat lebih jauh ke depan. Karena jika Anda masih disibukkan oleh rutinitas-operasional harian bisnis, Anda tidak akan dapat melihat gambaran yang lebih luas di depan.

Seberapa tinggi bangunan yang akan Anda dirikan tentu saja harus disesuaikan dengan seberapa kuat pondasi yang Anda bangun. Akankah anda nekad mendirikan gedung 10 lantai padahal pondasi anda hanya kuat untuk bangunan 2 lantai? Tentu tidak, bukan? Begitu juga dengan bisnis Anda.
Sudah seberapa lama Anda merasa bisnis Anda seperti berjalan ditempat?
Apakah Anda merasa telah melakukan segala macam upaya tetapi Anda tidak juga mampu memenangkan persaingan? iStock_000017256489Small1
Apakah Anda merasa sudah sampai pada satu titik pencapaian dan merasa ‘mentok’ untuk sebuah pengembangan ke arah pencapaian yang lebih tinggi lagi?
Mungkin bisnis Anda bertumbuh dengan pesat, tetapi apakah struktur dan infrastruktur bisnis Anda juga telah siap untuk menopang pertumbuhan itu?
Atau, Anda sudah merasa saatnya untuk ‘pensiun’ dan ingin memberikan tongkat estafet bisnis Anda pada generasi penerus, tetapi Anda tidak tahu bagaimana memulainya?
Setidaknya ada 2 (dua) hal terpenting dalam Bisnis, yaitu menjadikan bisnis tetap menguntungkan (profitable) dan bisnis tersebut terus tumbuh berkesinambungan (sustainable) meskipun Anda sudah tidak terlibat secara teknis di dalamnya.

female clothing store worker opening up shop
female clothing store worker opening up shop

Dalam Workshop : MASTER BUSINESS CLASS yang di selenggarakan oleh Formula Bisnis Indonesia – For Better Indonesia, Anda akan mendapatkan jawaban dari semua pertanyaan diatas, PLUS Anda akan dapat menjadikan bisnis Anda lebih profitable dan dapat terus bertumbuh secara berkesinambungan (sustainable). Dalam workshop ini, akan di bahas antara lain : Bagimana membangun fundamental bisnis Anda menjadi lebih kokoh dan memiliki daya saing, Bagimana meningkatkan produktifitas dan membukukan keuntungan lebih banyak dalam bisnis Anda, Bagaimana merancang sistem yang kuat sesuai dengan karakter bisnis Anda, Bagimana menciptakan “multiplier effect” bagi bisnis Anda dan menyiapkan diri untuk tidak lagi tersibukkan oleh rutinitas operasional bisnis sehari-hari (in the business) dan keluar dari lingkaran itu serta menempatkan diri dalam hal-hal yang lebih strategis.

Categories: CATATAN

akadusyifa

Terima kasih sudah membaca tulisan ini semoga bermanfaat,

0 thoughts on “Owners Business”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

CATATAN

Belajar Proses Bagaimana Berwirausaha

Wirausaha adalah sebuah kata yang mungkin sudah tidak asing lagi untuk dibahas. Ya, kini banyak orang membahas bagaimana dan apa itu wirausaha entah di kalangan mahasiswa, PNS ataupun warga masyarakat biasa. Tidak mengherankan memang, karena Read more...

CATATAN

Jika anda adalah seorang mahasiswa saja atau seorang pekerja saja, maka tentu akan mudah melakukan prioritas dalam melakukan kegiatan. Awalnya saya mengira dapat memanagement waktu dengan baik, ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Bekerja sembari kuliah Read more...

CATATAN

Kejarlah Ilmu Sampai ke Negeri Cina..

Kejarlah Ilmu Sampai ke Negeri Cina.. Itulah sebuah ungkapan Pepatah yang sudah seharusnya kita jadikan landasan untuk memacu kita supaya lebih bersemangat dalam menimba ilmu yang bermanfaat semasa kita hidup di dunia ini. Dalam Islam Read more...

Back To Top